Rekonsiliasi Data dan Bimbingan Teknis Arsip Kepegawaian Berbasis Teknologi Informasi

tglpost 20 Mei 2016 - 15:46:22 WIB tukangpost Administrator Kepegawaian Kepegawaian - Dibaca: 1678 kali

Pada era globalisasi, teknologi dan informasi saat ini, informasi merupakan hal yang sangat penting dalam menopang berbagai aktivitas organisasi. Berbagai macam dokumen dan media telah tercipta untuk kemudahan dalam menyimpan, mencari dan menyebarkan  informasi. Salah satu wujud nyata akibat dari pesatnya perkembangan teknologi dan informasi mulai merambah pada pengelolaan kearsipan, yang awalnya arsip dikelola secara manual, kini mulai dikelola secara digital.

Tidak dapat dipungkiri,hampir sebagian besar dokumen yang dikelola oleh organisasi publik maupun privat adalah berbasis kertas atau yang biasa disebut dengan dokumen konvensional. Dokumen dalam bentuk konvensional tersebut memiliki beberapa kekurangan dan permasalahan, antara lain : Jumlah dokumen yang semakin bertambah, Investasi media penyimpanan yang cukup tinggi, Tempat penyimpanan yang terbatas, Pencarian dokumen yang rumit, Kertas mudah rusak serta Pendistribusian dokumen antar pegawai yang kurang cepat dan efektif

Tata Naskah Kepegawaian PNS adalah sistem penyimpanan dan pengelolaan dokumen kepegawaian sejak diangkat sebagai Calon PNS/PNS sampai dengan mencapai batas usia pensiun, berupa Surat-surat Keputusan yang ditetapkan oleh Pejabat yang berwenang di bidang kepegawaian. Guna mewujudkan pengelolaan arsip Pegawai Negeri Sipil yang efektif dan efisien dalam organisasi publik, tentu diperlukan  tata kelola yang baik, salah satunya melalui pengelolaan secara digital. Hal ini senada dengan apa yang telah diamanahkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara nomor 18 tahun 2011 Tentang Pedoman Pengelolaan Tata Naskah Kepegawaian PNS, yang memaktubkan bahwa dalam rangka tertib Pengelolaan Tata Naskah Kepegawaian Pegawai Negeri Sipil aktif dan upaya peningkatan pelayanan terhadap Pegawai Negeri Sipil, perlu dilakukan pengelolaan tata naskah kepegawaian PNS yang disimpan dalam bentuk dokumen fisik maupun image document, sehingga pengelolaan tata naskah kepegawaian Pegawai Negeri Sipil dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

bertolak dari latar belakang tersebut, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sumenep kembali membuat sebuah Inovasi pengelolaan tata naskah kepegawaian berbasis online, atau yang lazim orang menyebut sebagai "arsip kepegawaian" dengan tujuan agar tercipta efektifitas dan efisiensi serta memudahkan dalam proses pencarian, distribusi dan layanan administrasi kepegawaian.

sebagai tindaklanjut dari inovasi tersebut, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sumenep, akan mengadakan "Bimbingan Teknis Arsip Kepegawaian Berbasis Teknologi Informasi",  melalui Surat Nomor : 800/475/435.203/2016, mengundang pejabat/pengelola kepegawaian seluruh satuan/unit kerja dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep pada hari Selasa 24 Mei 2016 bertempat di Aula Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sumenep.

DOWNLOAD SURAT DISINI


Berita Lainnya

Ada 0 komentar untuk berita ini


Silahkan Tinggalkan Komentar


Nama
Website
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 
Nama :
Website :
Pesan